Beberapa Tips Ini Akan Membuatmu Tampil Professional Dan Menarik Saat Melamar Kerja - Rislah.com

Beberapa Tips Ini Akan Membuatmu Tampil Professional Dan Menarik Saat Melamar Kerja

Yuk Di Share!

Untuk kamu yang sedang mencari kerja atau akan menghadapi wawancara pekerjaan. Tips-tips berikut ini akan membantumu untuk tampil lebih professional dan menarik di hadapan perusahaan yang kamu inginkan. Di era saat ini memang sangatlah sulit untuk mencari pekerjaan, akan lebih baik bila kita mampu berwirausaha sendiri. Namun bekerja di perusahaan orang lain akan membantumu untuk belajar bagaimana menghadapi situasi yang sangat sulit serta solusi-solusi yang akan ditemukan. Bekerja akan emmbuatmu menambah pengalaman sebelum kamu turun sendiri dalam dunia bisnis. Untuk mahasiswa dan pelajar bekerja akan membuatmu mengerti bagaimana kondisi sesungguhnya di dalam dunia kerja serta menambah pengalamanmu di dunia itu. Baik bekerja di internal kampus maupun luar kampus. Tips berikut ini akan membantumu untuk terlihat professional saat hendak melamar kerja atau ketika mengikuti wawancara kerja.

tips melamar kerja via tipskarir.com

Buatlah CV yang jelas dan menarik

cv menarik via 2.bp.blogspot.com

cv menarik via 2.bp.blogspot.com

Untuk melamar di suatu perusahaan pastinya kamu membutuhkan CV. CV adalah hal pertama yang dilihat oleh perusahaan. Begitu banyaknya CV yang masuk akan membuat mereka sebisa mungkin cepat dalam membaca isi dari CV tersebut. Oleh karena itu buatlah CV yang singkat namun mengandung semua spesifikasimu yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tulis dengan jelas biodata, pendidikan, pengalaman, prestasi dan kemampuanmu secara singkat dan jelas. Kamu dapat membuat CV yang menarik namun yang terpenting terlihat jelas dan tidak berlebihan. Selain itu dalam menulis CV hindari kesalahan penulisan karena itu akan menurunkan nilaimu di mata perusahaan.

Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi perusahaan yang kamu pilih

mencari tahu via csdnews.com

mencari tahu via csdnews.com

Mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan akan membuatmu terlihat sebagai orang yang memang sesuai untuk perusahaan tersebut. Dengan begitu jika ada pertanyaan tentang perusahaan kamu akan sigap dalam menjawabnya. Hal itu juga akan membutamu terlihat professional dan memerhatikan setiap detail perusahaan. Cari bagaimana visi dan misi perusahaan serta bagaimana standar pekerjaan diperusahaan tersebut. Jadi kamu akan terlihat sebagai orang yang sigap dan tanggap dan berfikir mandiri.

Jawab setiap pertanyaan wawancara dengan penuh keyakinan

menjawab dengan yakin via trik.tipsnesia.com

Pastinya dalam wawancara kamu akan mengalami sesi Tanya jawab. Untuk menghadapi hal itu jawab semua pertanyaan tanpa ragu dan penuh keyakinan. Jangan takut salah asalkan semua jawabanmu meyakinkan bagi perusahaan. Karena memiliki jiwa yang yakin akan membuatmu terlihat sebagai orang yang teguh dan tidak pernah ragu dalam melangkah. Tatap mata pewawancara dengan tatapan yang ramah dan jawab semua pertanyaannya dengan nada yang jelas dan yakin.

Perhatikan gesture saat wawancara

gesture saat wawancara via 3.bp.blogspot.com

gesture saat wawancara via 3.bp.blogspot.com

Saat wawancara gesture tubuhmu juga akan dinilai guys. Usahakan jangan gugup tetap terlihat tenang. Selain itu juga duduklah dengan badan yang tegak dan kaki yang tenang menghadap ke depan. Jangan pernah menggerak-gerakan kaki saat wawancara guys karena itu dapat menurunkan nilaimu karena dapat diangggap sebagai orang yang tidak sabaran. Kemudian jangan pernah menaruh tangan di atas meja taruhlah tanganmu tepat di kedua pahamu. Karena tangan yang ditaruh meja memiliki makna kurang sopan guys. Setelah itu tatap mata pewawancara dengan sopan dan ramah. Selingi dengan sedikit senyuman, setelah wawancara berakhir jangan lupa untuk bersalaman. Bersalaman akan membuat kita terlihat lebih bersahabat selain itu genggam tangannya dengan genggaman yang cukup kuat namun jangan terlalu kuat atau lemah. Karena genggaman yang lemah menandakan kepercayaan dirimu yang kurang.

Berusaha untuk antusias dan bertanya balik

antusias via cdn.klimg.com

antusias via cdn.klimg.com

Antusias dalam wawancara dapat menandakan kamu adalah orang yang penuh dengan semangat serta bertanya balik pada pewawancara akan membuatmu terlihat kreatif. Sehingga saat wawancara berlangsung usahakan untuk bertanya balik, mungkin soal bagaimana saya dapat bekerja disini, bagaimana pekerjaan serta pegawai disini, apakah saya memiliki peluang untuk bekerja disini, semoga saya dapat diterima di perusahaan ini mungkin kurang lebih seperti itu guys.

Pakailah baju yang sopan dan rapi

tampil rapi via tipskarir.com

Penampilan adalah hal pertama yang dinilai saat wawancara guys jadi jangan meremehkan penampilan guys. Usahakan memakai baju yang rapi dan sopan, selain itu perhatikan keebersihanmu seperti gigi, rambut, kuku karena semua itu pasti akan diperhatikan guys. Penampilan yang rapi akan dinilai kamu memiliki sifat yang perhatian pada setiap detail sehingga terlihat teliti. Selain itu kebersihan akan membuatmu terlihat nyaman dilihat terutama gigi. Gigi sangat mempengaruhi guys ketika senyum akan menambah kesan percaya diri.

Senantiasa berdoa

berdoa, via hipwee.com

berdoa, via hipwee.com

Bordoa adalah hal yang paling penting guys. Kita boleh merencanakan tapi semua hasil di tangan Tuhan. Apapaun yang kita lakukan dan seberapa besar usaha kita jangan lupa untuk berdoa, baik sebelum wawancara kerja maupun setelahnya. Memasrahkan diri pada Tuhan setelah berusaha akan membuatmu tenang guys. Akan membuatmu siap menghadapi apapun yang mungkin akan terjadi baik diterima maupun ditolak. So, jangan lupa berdoa ya guys, semoga berhasil.

Yuk Di Share!

Share ke teman - teman yaaa...

Lafrenda Tialoka