4 Hal ini Apakah Kamu Rasakan Setelah Bersedekah Dan Membantu Orang Lain?

Yuk Di Share!

Rislah.com – Ketika melihat seseorang yang sedang susah dan kesulitan, tentunya ada rasa hati iba ingin membantu dan menolongnya, apalagi jika Kita sering melihat para pengemis yang sedang duduk di pinggir jalan dengan menadahkan tangannya, pasti terkadang Kita selalu berpikir mengapa Mereka melakukan pekerjaan itu “ah malaslah Saya memberi Mereka, jangan-jangan Mereka hanya penipu atau banyak alasan lainnya.” atau “buat apa membantu dia, toh Kita susah juga dia gak akan membantu Kita” pertanyaan-pertanyan seperti itu akan membuat Kita enggan untuk memberi dan membantu sama lain.

Namun tahu gak sih Kamu? kalau memberi itu mempunyai kenikmatan hati yang tidak bisa dibeli dengan uang, selain itu balasannya bukan dari Mereka yang Kita tolong tapi dari Allah langsung. Buat Kamu yang suka memberi sesuatu ataupun menolong pasti sudah tahu hal apa saja yang dirasakan saat memberi. Dan untuk kalian yang masih berpikir dua kali saat ingin memberi sedekah dan enggan membantu orang lain mending baca ini deh, mengapa memberi sedekah itu terasa nikmat.

1. Hati merasa tenang dan tentram karena sudah bisa menolong orang

hati merasa tenang via http://sasaimoet.blogdetik.com

Aku tidak sedang bahagia, ataupun mendapatkan hadiah. namun hatiku sangat tenang setelah membantu orang lain.

Biasanya kalau Kita sudah membantu orang yang kesusahan itu rasanya hati tenang, tentram, dan nyaman. Entah itu mengapa bisa terjadi. Namun yang pasti ikut membantu dan berguna bagi orang lain adalah hal yang paling membanggakan. Perasaan itu bisa Kamu dapatkan jika memberi dengan ikhlas, bukan karena paksaan ataupun ingin dipuji.

2. Entah Mengapa Setelah Bersedekah Hati terasa dekat sama Allah

hati merasa dekat sama Allah via https://adefahrizal24.wordpress.com”

Selain tenang dan tentramnya hati, Sedekah membuat hati merasa dekat sama Allah, bahkan buat orang seperti, preman, penjahat dan yang jarang sholat sekalipun akan merasakan dekat sama Allah. Itu terjadi kemungkinan karena sedekah merupakan anjuran dari Allah bagi seluruh umat islam, jadi siapapun itu seperti penjahat dan orang yang  jarang ibadah sekalipun akan merasakan hal ini jika dia seorang muslim.

ya Allah, maafkan Aku yang sering melupakanmu. Semoga amal ibadah ini dapat mengurangi dosa-dosaku yang begitu banyak terhadapMU.

3. ya Allah, Semoga sedekahku ini bisa mendatangkan Rizki dan pahala dariMu

Ketika sudah bersedekah, tentunya ada perasaan yang juga ingin diharapkan dari semua orang, yakni dibukakan pintu rejeki dan mendapatkan pahala dari Allah, bahkan tidak jarang ada orang yang berpikiran kalau sedekah itu bisa mengurangi dosa dosa Kita yang terdahulu. Lalu apakha sedekah  seperti itu bisa dikatakan ikhlas dan mendapatkan? Insya Allah jika Kamu memberikannya dengan ikhlas dan memberi semata-mata hanya karena Allah SWT. Karena Allah sendiri sudah berjanji dalam hadits Qudsi

Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” (HR. Muslim)

Barangsiapa ingin doa-doanya dikabulkan dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi kesulitan orang lain. (HR. Ahmad)

Melihat janji Allah tentunya memberi sedekah dengan mengharapkan pahala dan rejeki adalah hal yang sah saja, karena sejatinya Kita hanya bisa berharap hanya pada Allah SWT

4. Meskipun sedikit, semoga pemberianku bisa meringankan bebanmu

Memberi sedikit tapi ikhlas via http://putrinovitasari.blogdetik.com

Sering terlintas dikepala, apakah pemberian ini bisa bermanfaat untuk mereka yang kesulitan atau tidak sama sekali. Kita tidak punya uang lebih banyak tapi ingin bersedekah sehingga terpaksa memberikan sedekah yang sedikit saja. Apakah itu membantu Mereka? perasaan ini akan timbul jika melihat sesorang yang sedang kesulitan sekali namun kita hanya bisa membantu ala kadarnya. Biasanya perasaan ini timbul pada orang yang sangat iba terhadap penderitaan orang lain entah kerabat ataupun teman dekat.

Teman, maafkan Aku hanya bisa membantu sedikit. meskipun sedikit, semoga bisa meringankan bebanmu.

Hei, come on, Buat Kamu yang dermawan, dan baik hati tidak perlu minder dengan sedekah yang kecil, Allah lebih suka orang yang memberi disaat paceklik dibandingkan yang sedang banyak uang. jarang loh, orang susah menolong orang susah, disitulah nikmatnya Islam.

Perasaan dan pertanyaan diatas akan dirasakan bagi Kamu yang senang bersedekah dengan ikhlas. Selain itu janji Allah juga begitu indah buat orang yang suka memberi diantaranya dibukakan pintu rizki selebar-lebarnya, dijauhkan dari api neraka, dan masih banyak lagi deh. So, jangan takut miskin karena memberi karena sudah ada janji Allah yang tidak perlu diragukan lagi. Yuk Kita memberi dari sekarang.

Yuk Di Share!