Mengapa sih laki-laki dan wanita sering salah paham, berikut ini alasannya

Yuk Di Share!

Salah paham sangat sering terjadi dalam suatu pergaulan sehari-hari. Tidak jarang kesalahpahaman baik dari tindakan dan komunikasi yang terjadi memicu pertengkaran yang cukup ekstrem. Kesalahpahaman terjadi akibat salah penafsiran atau perbedaan penafsiran antara satu orang dengan orang lainnya.

Kesalahpahaman dalam berinteraksi tak hanya terjadi dari sesama perempuan dan sebaliknya namun kesalahpahaman paling sering terjadi antara laki-laki dan perempuan. Salah paham yang terjadi dapat memicu perpisahan dalam suatu hubungan. Wanita disebut dari planet Venus dan laki-laki dari planet Mars menunjukan dua sifat yang sangat berbeda. Mengapa sih laki-laki dan wanita sering salah paham, berikut penjelasannya.

Wanita lebih banyak bicara sedangkan laki laki cenderung pendiam

wanita cenderung lebih bbanyak bicara via 2.bp.blogspot.com

Wanita memang cenderung lebih banyak berbicara dibandingkan pria. Wanita dapat berbicara 20 ribu kata perhari sedangkan pria rata-rata hanya 7 ribu kata perhari. Perbedaan inilah yang mungkin membuat pria merasa perempuan itu sangatlah cerewet.

Namun hal itu memang menjadi karakter dari kebanyakan wanita. Menurut penelitian University of Maryland School Medicine wanita memiliki protein bicara lebih banyak disbanding pria atau disebut FOXP2. Pleh sebab itu wanita cenderung sering bicara jika ia menjadi lebih pendiam berarti ada yang tidak beres.Inilah yang terkadang membuat pria dan wanita salah paham. Ketika wanita berbicara pria cenderung cuek dan kurang mendengarkan.

Wanita cenderung mudah mengungkapkan perasaannya sedangkan pria lewat bahasa tubuh

wanita lebih mudah mengungkapkan emosinya via ciricara.com

Wanita adalah makhluk yang mudah mengungkapkan perasaannya seperti kecewa, bahagia, sedih, dan lain-lain. Terkadang wanita akan menangis dan curhat kepada sahabatnya ketika ia mengalami situasi emosional seperti itu, namun berbeda dengan laki-laki. Laki-laki cenderung diam dan hanya memendamnya sendirian. Laki-laki dituntut untuk tetap terlihat tegar di depan siapun sehingga ia akan merasa malu ketika ia menangis di depan orang lain. Pria cenderung memikirkan solusi atas masalahnya sendirian dengan cara diam merenung sehingga ini yang terkadang membuat wanita salah paham.

Wanita cenderung hanya ingin didengar namun pria lebih mementingkan solusi

wanita hanya ingin didengar via tokopedia.net

Wanita seringkali suka berbicara tentang apapun mulai kegiatannya, hal yang membuatnya sedih, senang, bahkan hal-hal remeh lainnya. Seorang wanita biasanya hanya ingin didengar, ia hanya ingin didengarkan dengan seksama apa saja yang ia ceritakan. Bagi wanita bercerita adalah cara untuk menguarkan semua emosinya dan meringankan beban dalam hatinya.

Sedangkan pria cenderung malas berbicara apalagi jika ia tertimpa suatu masalah. Pria seringkali berbicara tentang masalahnya hanya pada mereka yang mempunyai solusi untuk dirinya. Pria tidak suka menghabiskan banyak energy untuk berbicara hal yang tidak member solusi, pria cenderung memilih dengan benar siapa lawan bicara untuk memberi solusi atas persoalan hidupnya.

Ketika pria berkata tidak itu artinya tidak namun bagi wanita itu artinya bisa berbeda

jika pria berkata tidak via cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Salah satu yang membuat pria dan wanita salah paham adalah, ketika pria berkata tidak bagi seorang pria itu memiliki makna tidak, namun berbeda cara menangkap makna bagi wanita. wanita akan menanggapi suatu hal yang tidak itu dengan banyak pemikiran yang panjang. Seperti tidaknya karena apa, mengapa, tidak juga bisa berarti iya. Contohnya ketika memilih baju seorang wanita meminta pendapat kepada seorang pria, apakah baju ini bagus. Ketika seorang pria berkata iya, si wanita masih bertanya benarkah ini bagus, bagusnya karena apa, mengapa, apa ini cocok untuku, namun ini juga sedikit terlihat aneh, dan lainnya dan ketika itu terjadi si wanita biasanya malah memilih baju lain.

Pria hanya mampu focus dalam beberapa hal sedangkan wanita banyak hal

pria sedang fokus via cdns.klimg.com

Bukan rahasia jika wanita memiliki keahlian multitasking, seperti contoh ibu rumah tangga, ia mampu menonton tv, sambil mengiris bawang, sambil menjaga anak, sambil menyetrika, dan lainnya. Berbeda dengan pria yang hanya mampu focus di beberapa hal saja. Ketika seorang pria mengerjakan pekerjaan kantor ia akan lupa banyak hal dalam hidupnya dan orang sekitarnya. Ia akan focus hanya dengan pekerjaannya saja. Hal ini yang terkadang membuat wanita salah paham, menganggap bahwa pasangannya tidak peduli dengannya atau tidak mau membantunya.

Perempuan lebih memperhatikan detail berbeda dengan pria

perempuan lebih memerhatikan detail

Seorang wanita lebih memerhatikan detail, ia mampu melihat hingga hal yang paling kecil atau biasanya tidak dipedulikan. Berbeda dengan pria yang melihat secara luas atau garis besarnya saja. Sebagi contoh ketika memilih warna, seorang wanita akan paham perbedaan-perbedaan warna, seperti merah, maron, ungu, lavender, carnation, pink, strawberry, dan lainnya. Berbeda dengan pria yang hanya melihat warna-warna inti seperti merah, kuning, hijau dan tidak tau jenis-jenisnya.

Ini juga dapat menjadi faktor kesalahpahaman antara pria dan wanita sebagai contoh seorang wanita yang menggunakan make up baru atau farfum baru, ia ingin pasangannya mengerti inovasinya namun karena pria kurang memerhatikan detail, maka ia sama sekali tidak menyadari perubahan itu sehingga membuat wanita salah paham dan menganggap si pria tidak peduli kepadanya.

Pria lebih to the point

pria to the point via infobandung.co.id

Dalam hal menyampaikan pendapat atau kemauan pria lebih to the point sedangkan wanita suka bermain kode. Wanita ingin pria mengerti dirinya apa yang ia mau meskipun ia tidak menjelaskan. Ini yang dapat membuat pria dan wanita salah paham, biasanya pria tidak terlalu peka dan sulit memaknai kode dari wanita karena kebiasaannya yang to the point sedangkan wanita ingin dipahami tanpa menjelaskan.

Wanita adalah pengamat yang handal dan ia lebih peka

perempuan itu lebih peka

Wanita adalah pengamat yang handal, sedikit saja ada masalah pasti wanita mampu mengetahuinya. Ia juga memiliki perasaan yang lebih peka dibanding pria. Wanita mampu mengamati dan memperhatikan setiap detail objek yang diamatinya. Itulah sedikit ulasan mengapa pria dan wanita sering salah paham semoga bermanfaat guys.

Yuk Di Share!