Hindari Minum Sambil Berdiri Kalau Tidak Ingin Terkena Penyakit Ini

Rislah.com — Buat Kamu yang masih suka minum sambil berdiri lebih baik tinggalkan kebiasaan buruk itu deh, selain memang menurut islam dilarang Oleh Rasulullah SAW, ternyata menurut pakar kedokteran makan minum sambil berdiri bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika sering dilakukan. Jika Kamu Masih gak percaya makan minum berdiri tidak baik bagi kesehatan? berikut ini mengapa Kamu harus tinggalkan kebiasaan buruk tersebut.

1. Resiko terkena disfungsi pencernaan

hukum minum berdiri

gambar ilustrasi

Ini alasan utama mengapa hukum makan minum sambil berdiri tidak diperbolehkan Rasulullah. Menurut Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani bahwa Orang yang minum sambil berdiri akan menyebabkan cairan yang jatuh ke usus akan terjatuh lebih keras. Kalau hal ini sering terjadi maka bisa menyebabkan usus menjadi melar dan kendur, sehingga dapat menimbulkan penyakit disfungsi pencernaan.

Buat Kita-kita yang masih muda tentunya belum akan merasakan hal ini, tapi nanti efeknya dapat dirasakan beberapa tahun lagi. Bayangkan sob, jika makanan dan minuman secara terus menerus menabrak dinding usus dengan keras bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti lambung akan mengalami luka.

2. Memungkinkan terjadinya luka pada dinding lambung

makan minum berdiri merusak lambung

photo by http://id.wikipedia.org

Menurut Dr Al-rawi jika Kita makan dan minum berdiri dilakukan secara terus-menerus bisa memmbuat luka pada lambung. Para Dokter juga melihat, 95% luka yang terjadi pada lambung terjadi pada tempat yang biasa berbenturan langsung dengan minuman dan makanan. Sehingga jika makanan dan minuman secara terus menerus berbenturan secara keras dengan lambung, tidak menutup kemungkinan akan terjadi luka pada lambung

3. Jika sering minum sambil berdiri, penyakit Kristal ginjal juga akan menghantuimu

minum berdiri merusak ginjal

photo by http://id.wikipedia.org

Nih Kamu perlu tahu juga, setiap minuman yang masuk ke dalam tubuh akan disaring oleh stringer. Apa itu stringer? stringer merupakan struktur berotot yang bisa membuka (agar air kemih bisa lewat) dan menutup kembali. Dan semua cairan yang Kamu minum itu akan di salurkan ke pos pos penyaringan yang ada pada ginjal. Jadinya kalau Kamu minum sambil berdiri akan membuat air yang Kamu minum langsung masuk menuju kandung kemih tanpa disaring lagi. Jika hal itu terjadi, maka akan terjadi pengendapan pada saluran ureter, penyebabnya karena banyak limbah yang tersisa di ureter. Nah, hal itulah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal.

Gimana sob, cukup menakutkan bukan? Terlepas dari benar atau tidaknya hal ini, Mulai dari sekarang gak ada salahnya Kita membiasakan diri untuk minum sambil duduk, selain dapat menjalankan sunnah Rasulullah, tentunya juga baik untuk kesehatan tubuh Kita.

Saatnya ucapkan “Subhanallah” islam yang begitu Agung ternyata sudah mengetahuinya lebih dulu tentang bahayanya. Untuk mengingatkan sebaiknya Kita flashback dulu Sabda Rasulullah mengenai hukum makan minum sambil berdiri

bersabda Nabi dari Abu Hurairah,“Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim)

Nah sob, itulah penjelasan tentang bahayanya makan dan minum sambil berdiri menurut islam dan ilmiah, semoga Kita bisa mengambil manfaat dari Artikel ini. Terimakasih perhatiannya dan Wassalam

Yuk Di Share!