Bagi Yang Sering Lupa, Jangan Panik Tips Berikut akan Mempermudahmu Mengingat sesuatu

Yuk Di Share!

Rislah.com – Lupa memang sering melanda manusia apalagi kalau sedang stres atau sangat sibuk, pastinya mudah lupa pun sering terjadi pada diri kita. Lupa bisa menjadi masalah yang serius atau mungkin sangat mengganggu bagi orang lain. Bayangkan jika ada teman yang sudah berpesan untuk menunggu kita namun dia malah lupa dan pulang pastinya mengesalkan sekali ya. Namun jangan khawatir dengan tips ini kamu akan menjadi sedikit terbantu dengan masalah mu yang mudah lupa itu. Tips sederhana ini akan membuatmu mudah mengingat dan tidak akan melupakan hal penting yang akan kamu lakukan.

Tulis setiap hal penting dalam kertas catatan dan taruhlah kertas tersebut pada tempat yang sering kamu jangkau

Misalnya kamu ada pekerjaan rumah atau beberapa tugas lainnya kamu bisa menulis hal tersebut pada selembar kertas dan letak kan kertas tersebut di tempat yang mudah kamu jangkau misalnya, di depan cermin, di meja belajar, di depan pintu kamar, di tembok kamar, dan lainnya. Dengan melakukan hal tersebut kamu tidak akan mudah lupa dengan jadwal-jadwal penting kamu setiap harinya. Karena dengan mencatat akan membuat mu semakin ingat tentang suatu hal, belum lagi kamu menaruh kertas tersebut di berbagai tempat yang sering kamu gunakan maka semuanya pasti aman janji kepada teman, lalu undangan ke pesta dan lainnya tidak akan terlewat lagi oleh mu.

Tulislah pula catatan penting di laptop dan hp yang sering kamu gunakan

Nah menulis bukan hanya di kertas saja teman bila perlu di hp dan di laptop juga agar membuat mu semakin ingat karena benda tersebut adalah benda yang sering kamu bawa dan kamu gunakan ke manapun kamu pergi. Menulis dilaptop dan hp juga cukup mudah dan praktis kita bisa melakukannya saat kita ingat. Atau sebelum membuat janji segeralah mencatatt hal tersebut. Tentunya kita tidak ingin mengecewakan orang lain bukan?, seperti kita sendiri pasti sangat kesal jika ada orang lain yang melupakan janjinya atau kepentingan kita. Nah mulailah dari diri sendiri cobalah untuk ttidak mengecewakan orang lain maka kamu akan mendapat perlakuan yang sama dari teman mu.

Jika ingat hal penting segera kerjakan dan lakukan jangan ditunda

Supaya kita tidak mudah melupakan hal penting itu kita juga harus segera mengerjaknanya. Misalkan ada tugas kuliah nah kebetulan kita ingat atau mungkin setelah dari rumah kita langsung mengerjakannya. Hal tersebut tentunya membuat waktu kita semakin bermanfaat dan tugas yang kita miliki tidak menumpuk begitu saja. Karena semakin banyak menunda maka tugas dan beban yang kita alami pastinya semakin berat. Waktu itu tidak akan pernah bisa kembali dan tugas serta kewajiban kita akan selalu bertambah, jika satu saja belum dikerjakan maka kemudian hari akan bertambah semakin banyak. Kalo tugas deadline semakin banyak akhirnya kita tidak memiliki banyak waktu untuk mengoreksinya kembali dan hasil tugas kita akan jadi apa-adanya sehingga bisa membuat nilai kita turun.

Gunakan alarm hp untuk mengingatkanmu

Alarm hp bisa menjadi salah satu pengingat mu. Misalkan kamu hendak mengerjakan tugas pukul 9. Nah kamu pasang saja alrm hp dan ketika jam 9 hp mu akan berbunyi dan kamu akan ingat bahwa ada tugas penting yang perlu dikerjakan pukul 9. Alrm bukan hanya untuk membangunkan ketika kita tidur tapi juga sangat bermanfaat untuk mengingatkan hal-hal penting yang akan kita lakukan. Jangan lupa untuk menggunakannya ya.

Rencanakan segala sesuatu sesuai jadwal yang kamu buat

Untuk menghindari lupa kita juga bisa merencanakan segala sesuatu nya terlebih dahulu. Misalkan pukul 7 ada diskusi, pukul 8 ada kegiatan organisasi, nah tugas besok harus selesai jadi jam 9-10 mengerjakan tugas. Seperti itu kita membuat jadwal sendiri untuk kita. Tidak hanya untuk memudahkan dalam mengingat namun hal tersebut juga akan membuat tugas dan pekerjaan kita tertata serta tidak ada yang keteteran. Dengan membuat jadwal kita bisa melakukan semuanya dengan porsi masing-masing dan pekerjaan akan selesai pada waktu yang tepat. Membuat jadwal juga melatih kita untuk senantiasa menghargai waktu serta displin lo, dengan terbiasa mengikuti jadwal kita terbiasa untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya.

Baca berkali-kali sebuah pesan penting atau dengarkan rekamanmu berulang-ulang untuk mengingatkanmu

Hal ini juga penting dilakukan untuk menghindarkanmu dari kebiasaan lupa. Jika mendapat pesan penting dari orang lain simpan pesan tersebut dan bacalah berulang—ulang agar tidak lupa. Jika perlu rekam lah hasil suara mu untuk mengingatkanmu tentang tugas penting yang hendak kamu lakukan dan dengarkanlah secara berulang-ulang. Dengan melakukan hal tersebut pastinya kamu akan terhindar dari kebiasaan lupa yang mengesalkan.

Yuk Di Share!