Masih Sering Pusing Deadline Numpuk, Ikuti Tips Ini Untuk Mengatasinya

Pastinya kamu pernah mengalami atau bahkan sering guys ketika kamu terllau asik menunda dan suatu saat ada hal yang terjadi serta tak diduga menyebabkanmu mengulurkan lagi waktu untuk mengerjakan suatu hal. Akibatnya pekerjaanmu semakin menumpuk dan hasil jadi gak maksimal. Mengerjakan sesuatu yang terburu-buru atau asal selesai dapat menyebabkan kualitas dari pekerjaanmu menurun.

Untuk mengerjakan sesuatu dengan optimal kamu harus menyempatkan waktu yang cukup panjang sehingga kamu tidak cemas atau dikejar waktu. Dengan perasaan yang baik tentunya pekerjaan akan lebih cepat selesai. Namun pastinya yang namanya manusia memiliki perasaan yang berubah-ubah, rasa malas dan bosan juga sering menghampiri sehingga mood gak baik dan sering mencari alasan untuk menunda suatu pekerjaan. Supaya gak pusing dan tetep semangat meski deadline numpuk ikuti tips ini untuk mengatasinya.

Fokus

fokus via maxmanroe.com

Hal yang harus diperhatikan berikutnya dalam menghadapi deadline adalah focus. Berusahaah untuk focus pada apa yang kamu kerjakan. Hal yang sering terjadi adalah ketika malas berfikir atau bosan kemudian membuat kita ingin mencari hiburan dengan melihat youtube atau bacaan di sosial media dan melupakan pekerjaan kita. Waktu berlalu tanpa sadar kita belum melakukan apa-apa dan ide yang nihil. Karena kita terllau asik melihat dan membaca yang lain hingga lupa bahwa kita memerlukan bahan atau ide untuk pekerjaan kita. Yang sering terjadi berikutnya adalah kita teeralihkan oleh tugas kita yang lain sehingga fikiran terbagi dua. Cobalah untuk focus pada satu pekerjaan yang ingin kamu selesaiakn terlebih dahulu

Menentukan prioritas

menentukan prioritas via google image

Supaya deadline gak semakin numpuk kamu harus membuat skala prioritas guys, mana yang harus kamu kerjakan lebih dahulu dan waktunya yang paling singkat. Dengan menentukan prioritas kamu gak bingung lagi mau memulai yang mana, dan lebih tepat sasaran. Karena seringkali pastinya kamu memilih tugas yang mudah padahal deadlinenya masih belum terlalu dekat malah menghindari deadline yang sudah dekat dan pekerjaan yang susah.

Memang mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu akan meringankan beban pikiran karena tidak terlalu lama berfikir dan paling tidak satu persoalan berkurang namun kamu harus dapat mengira-ngira waktu yang kamu miliki karena bisa saja tugas yang berat kamu selesaikan di akhir dengan deadline yang mepet malah membuat pekerjaanmu tidak selesai.

Membuat jadwal

Menentukan jadwal

Hal berikutnya yang harus kamu pertimbangkan adalah membuat jadwal. Buatlah jadwal deadlinemu, lingkari tanggal-tanggal penting dimana pekerjaanmu harus selesai. Letakan juga kalender yang telah diberi tanda di tempat yang sering kamu lihat supya kamu tidak mudah melupakannya. Membuat jadwal akan membuatmu teratur dan mengurangi kemungkinan deadline menumpuk. Usahakan untuk menepati waktu yang kamu buat dan jangan menunda lagi karena dengan menunda waktu yang telah kamu persiapkan bisa hancur berantakan.

Membuat to do list

Membuat To do list

Membuat to do list sangat penting guys untuk memilih mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Ya seperti menentukan priritas namun kamu perlu mencatatnya dalam sebuah catatan kecil yang akan selalu kamu ingat. Tulisah daftar-daftar pekerjaanmu mulai dari yang paling dekat waktunya hingga pekerjaan yang mungkin akan datang. Tulislah dalam sebuah catatan atau gedgetmu yang selalu kamu bawa ke mana saja. Dengan membuat to do list akan memeprmudahmu mengingat apa saja beban pekerjaanmu sehingga lebih mudah untuk mengerjakannya.

Menghindari smartphonemu

Menghindari Smartphone

Smartphoen seringkali mengalihkan perhatianmu dalam menegrjakan sesuatu. Jika ingin pekerjanamu cepat selesai maka jauhkan ponsel dari mu atau matikan ponsel supaya tidak ada bunyi sms dan lainnya yang mungkin saja mengganggu. Hal tersebut dapat membuatmu terhindar dari rasa malas atau menunda dan membuatmu jauh dari rasa penasaran dan ingin mengecek HP. Karena bisa saja ketika kamu menegrjakan sesuatu dan ada pesan di smartphonemu kamu jadi lupa bahwa kamu sedang sibuk. Bisa juga kamu menjadi terlalu asik mengobrol dengan teman-temanmu melalui berbagai sosial media dan tidak disadari waktu berlalu begitu cepat namun kamu belum mengerjakan apa-apa.

Tenang dan jangan panik

Tenang jalani hidup

Hal yang sering terjadi ketika deadline menumpuk adalah panik, padahal guys panic malah membuat pikiranmu kacau dan sulit dalam menemukan ide. Cobalah untuk tenang dan yakin semua akan selesai dengagn begitu tugas juga akan cepat selesai. Karena jika fikiran panic akan membuat kita menghabiskan waktu untuk mencemaskan hal yang bahkan belum tentu terjadi. Masih ada waktu untuk mengerjakannya. Panik akan membuat kerjamu semakin lambat karena perasaan cemas yang terus mengganggu akhirnya tenaga kita akan lebih cepat habis dan mengantuk. Untuk itu coblah untuk terus berfikir tenang dan yakin bahwa semua pasti bisa diselesaikan.

Yuk Di Share!

Lafrenda Tialoka