free hit counter code

6 Cara Membuat Otak Mudah Menyerap Pelajaran, 100% Berhasil

cara cepat pintarilmu merupakan elemen penting bagi diri kita. Dengan ilmu, kita bisa menjalani kehidupan ini dengan baik dan sesuai pada aturan yang berlaku. Ilmu juga membuat kita bisa bertahap hidup di dunia yang keras ini. Keras karena setiap orang berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Sehingga memiliki banyak ilmu merupakan hal yang penting. Namun, menyerap ilmu tidaklah mudah, selalu saja ada godaan yang datang yang mengacaukan pikiran. Oleh karena itu butuh tips yang tepat untuk menyerap ilmu terutama saat di kelas.

1. Datang ke kelas, sebelum guru hadir

Kita sebagai manusia yang membutuhkan ilmu tentu saja harus menunjukkan sikap yang sungguh-sungguh. Datang lebih awal merupakan salah satunya. Kita datang lebih awal karena itu merupakan bentuk kita menghargai guru atau penyampai ilmu.

Kalian tahu tidak, jika kita menghargai guru atau penyampai ilmu maka Allah maka membuka pikiran kita sehingga kita mudah menyerap ilmu dan otak kita bisa lebih fokus selama belajar. Hal tersebut tentu saja menguntungkan bagi kita karena ilmu yang didapat tidak terpecah-pecah tetapi menjadi ilmu yang utuh yang bukan sekedar dihapal tetapi juga dimengerti.

2. Matikan gadget saat belajar

Kita semua pasti sudah tahu tentang hal ini karena ini merupakan aturan yang berlaku di tempat-tempat formal khususnya tempat mencari ilmu. Hal ini sangat ditekankan karena kalo sekali saja kita bermain hape saat belajar, maka kita tidak akan berhenti memegangnya, seperti sudah terhipnotis. Sebaiknya sebelum mulai belajar, matikan dulu hape atau gadget lalu masukkan ke dalam tas agar mata dan tangan kita tidak tergoda untuk meraihnya.

Sayang banget kan, kalo kita sudah capek-capek pergi dari rumah ke sekolah tapi setelah tidak serius belajar, bukannya ilmu dan pemahaman yang didapat tapi malah penyesalan yang tidak berujung. Memang ada hari esok untuk mencari ilmu yang kemarin kita dapat, tetapi sekali kita menyepelekan, kita akan menjadi orang yang tertinggal jauh dari teman-teman kita.

3. Berdoa sebelum belajar

Sebelum melakukan kegiatan apapun seharusnya diawali dengan berdoa karena itu menunjukkan bahwa kita masih mengingat-Nya dan kita masih membutuhkan-Nya dalam kehidupan kita. Sama juga seperti belajar, kita harus berdoa terlebih dahulu, tujuannya supaya Allah memudahkan kita menyerap ilmu dan ilmu yang telah diserap bisa masuk ke dalam otak dan jiwa kita. Terserap dalam otak supaya kita bisa mendapatkan pemahaman yang baik dan terserap dalam jiwa supaya kita mendapatkan hikmah di balik ilmu tesebut. Serta, dengan berdoa, tentu saja Allah akan memudahkan jalan kita dalam menyelesaikan apapun yang ada dalam kegiatan belajar kita. Ditambah, dengan niat kita yang kuat untuk memahami, dan juga keras tanpa henti.

4. Jangan bercanda saat dikelas

Siapapun akan kesal bila kita sedang bicara namun lawan bicara kita tidak mendengarkan dengan serius. Sama saja seperti guru, mereka juga ingin dihargai oleh kita, mereka telah lelah berbicara panjang lebar untuk menjelaskan namun kita tidak serius dalam mendengarkan berarti kita mengizinkan diri kita untuk menjadi manusia yang bodoh. Boleh saja bicara atau mengobrol namun saat sesi belajar sudah selesai. Saat di kelas seharusnya kita fokus mendengarkan dengan serius supaya ilmu yang didapat tidak setengah-setengah. Sayang kan, mengabaikan sesuatu yang berguna untuk hal yang kurang berguna.

5. Makanan yang bergizi

Otak bisa berfungsi dengan baik jika diberi asupan yang baik pula. Asupan berupa makanan bergizi merupakan hal yang sangat penting karena membuat otak kita lebih fokus dan konsentrasi. Otak juga bisa berpikir lebih cepat dibandingkan tidak sarapan atau memakan makanan yang kurang bergizi. Terlalu membuang waktu jika kita izin keluar hanya untuk ke kantin demi mengisi perut yang keroncongan. Seharusnya kita lebih menghargai waktu karena waktu terus berjalan tapi kitanya masih di situ-situ saja, kan menyedihkan pastinya. Oleh karena itu, ubah kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik dengan rajin sarapan, biar tidak ada ilmu yang tertinggal.

6. Minta Restu dari orang tua

Restu orang tua wajib banget kita dapat karena dengan izinnya segala hal akan dipermudah. Kan kita sudah tahu bahwa ridho Allah adalah ridho orang tua. Maka, sebelum berangkat kita harus minta doa mereka supaya kita bisa menjadi manusia yang berprestasi dan sukses. Orang tua seneng banget loh pastinya kalo kita meminta doa karena itu menunjukkan kalo kita sangat menghargai mereka. Meskipun,orang tua selalu mendoakan tanpa kita minta tetapi tidak ada salahnya jika menghendaki demikian. Perilaku tersebut tentunya akan menguntungkan bagi diri kita dan juga kehidupan kita.

Yuk Di Share!