6 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Wisuda Supaya Lulus Gak Bingung Mau ke Mana

Yuk Di Share!

Hay guys buat kamu yang saat ini lagi menjalani masa indahnya kuliah, yang semester akhir bentar lagi mau lulus atau yang masih semester pertengahan yang lagi seru-serunya kuliah. Jangan lupa guys bahwa akan tiba masanya kamu akan masuk ke dalam dunia kerja yang pastinya lebih sulit dibandingkan masa-masa kuliah. Jadi buat kamu yang merasa bahwa setelah lulus akan lepas dari semua beban dan tanggungan kamu salah guys malah setelah lulus kamu akan dihadapkan bagaimana dunia yang sebenarnya.
Dunia kerja yang penuh persaingan, sebaiknya kamu harus menyiapkannya mulai sekarang guys supaya ketika lulus gak bingung lagi mai ke mana. Saat ini persaingan sangatlah ketat banyak lulusan sarjana menganggur dan bingung mau bekerja apa, maka mulailah untuk menyiapkan diri sedikit-demi sedikit untuk bekal menghadapi tantangan dunia kerja nantinya guys. Apa saja sih yang harus kamu siapkan cek di bawah ini.

temukanlah keahlian yang kamu miliki via okezone.com

Temukanlah Keahlian yang kamu miliki

Kamu harus mulai sekarang mencari apa sebenarnya passionmu atau keahlianmu. Jadi setelah lulus kamu gak akan bingung mau bekerja sebagai apa karena kamu memiliki keahlian yang dapat kamu andalkan. Kamu dapat menemukannya dengan cara melihat kegiatan apa yang paling kamu sukai, seperti apa tanggapan temanmu tentang hal itu, dan prestasi yang sudah kamu miliki dalam bidang itu. Dengan demikian ketika kamu lulus kamu memiliki skill siap pakei yang akan menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan tujuanmu.

Siapkan Pengalaman sebanyak mungkin

Ketika kamu ingin bekerja baik membuka usaha sendiri ataupun bekerja dalam sebuah perusahaan pastinya kamu butuh pengalaman gguys. Semakin banyak pengalamanmu maka hambatan akan semakin ringan karena kamu sudah terbiasa menghadapi situasi tersulit sekalipun. Kamu dapat menambah pengalaman dengan mengikuti magang-magang, freelance, organisasi ataupun mulai merintis usahamu sendiri. Banyak pengaaman yang kamu lewati akan mempermudah kamu saat terjun di dunia kerja nanti.

Cari tahu informasi tentang perusahaan yang kamu minati

Buat kamu yang ingin bekerja di suatu perusahaan baiknya kamu sering-sering mencari informasi tentang perusahaan tersebut. Bagaimana karakternya, keahlian apa saja yang biasanya dibutuhkan, serta bagaimana proses perekrutannya. Dengan mengetahui hal itu kamu akan lebih mudah mempersiapkan diri untuk masuk ke perusahaan tersebut.

Banyak bergaul

Banyak bergaul juga penting guys untuk mempersiapkan diri dalam dunia kerja. Dengan banyak bergaul kamu akan menemui berbagai macam orang dari latar belakang yang berbeda serta karakter yang berbeda. Bisa saja salah satu diantara temanmu akan memberikan informasi yang kamu butuhkan sehingga mempermudah jalanmu menuju perusahaan yang kamu inginkan.

Menambah wawasan yang kamu punya

Menambah wawasan ini hal yang sangat penting guys, apalagi di era seperti sekarang. Wawasanmu akan diuji saat wawancara perekrutan tenaga kerja. Bukan Cuma itu buat kamu yang ingin berwirasusaha wawasan juga sangat penting dimana kamu harus melihat kondisi yang sebenarnya dan mengharuskan membuat ide-ide kreatif untuk mengembangkan usahamu. Sangat dianjurkan juga untuk bisa bahasa inggris karena kemampuan bahasa inggris seringkali menjadi syarat untuk perekrutan tenaga kerja.

Tingkatkan kreativitasmu untuk selalu mencari peluang

Kamu juga tidak boleh hanya diam dan menunggu kamu harus mampu melihat berbagai peluang yang ada. Latihlah dirimu supaya peka terhadap kemungkinan apa saja yang mungkin akan terjadi. Lihatlah berbagai peluang diluar sana, ikutilah itu dan jangan disia-siakan.

Yuk Di Share!

Lafrenda Tialoka