free hit counter code

Untuk yang Lagi Skripsi, Ternyata 3 Teori Ini Kurang Relevan Di dunia Modern

Hai guys para pujangga skripsi, kalian pasti gak asing dengan yang namanya teori. Teori adalah istilah ruet yang mesti ada di skripsi, bukan cuman skripsi tapi semua karya ilmiah harus menampilkan teori yang relevan dengan karyantulis yang dibuat. karena pada intinya karya ilmiah membangun beberapa hipotesa yang tentunya diambil dari teori. Artikle yang tidak diawali dengan teori tidak dikatakan ilmiah, artikle ini bisa disebut opini atau semacamnya.

Lantas apa sebenarnya teori menurut KBBI teori adalah pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi. Udah jelas kan guys?..tapi tunggu dulu sebenarnya apa semua teori itu lekang oleh waktu? Bisakah teori itu dibantah dan mungkin malah tidak relevan sama sekali, mengingat struktur kehidupan manusia dan dunia itu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Beberapa teori yang akan dijelaskan meurpakan teori yang sudah kurang relevan lagi, diantaranya adalah:

skripsi via 2.bp.blogspot.co

Teori Trickle down effect

Teori ini merupakan teori yang lingkupnya dalam ilmu ekonomi. Teori ini berbicara bahawa untuk mengentaskan kemiskinan dan mencapai kemakmuran bersama sebuah negara harus memperhatikan pembangunan ekonomi dengan memberikan perlakuan khusus pada segmen masyarakat yang memiliki akses modal yang kuat untuk berkembang sehingga diharapkan segemen masyarakat ini bisa membawa kesejahtreaan bagi masyarakat dibawahnya dengan sendirinya.

Perlakuan khusus ini bisa berupa kemudahan untuk mengakses modal atau kemudahan untuk mengakses pasar bagi segmen masyarakat yang memiliki usaha yang kuat sehingga saat usaha mereka berkembang pesat maka mereka akan membuka lapangan pekerjaan yang besar untuk masyarakat dibawahnya dengan begitu mereka memperoleh upah dan diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan meningkatkan kesejahteraan mereka dengan sendirinya. Namun, menurut beberapa pemikir ekonomi pembangunan teori ini sudah tidak berlaku jika diterapkan pada zaman ini karena pertumbuhan ekonomi yang tinggi belum tentu akan memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat miskin. Dalam hal ini untuk mensejahterakan masyarakat, negara harus memiliki peran langsung pada masyarakat melalui penerapan beberapa regulasi strategis seperti regulasi untuk menciptakan jaminan pendidikan bagi masyarakat.

Teori Clifford Geertz

Teori ini membagi masyarakat muslim di Indonesia menjadi 3 kelas yaitu masyarakat abangan, priyai dan santri. Dimana masing-masing kelas memiliki ciri khas prilaku yang dapat dibedakan. Belakangan ini teori ini sudah tidak bisa lagi diterapkan, hal ini dikarenakan perilaku dari 3 golongan itu sudah tidak dapat dibedakan lagi diaman golongan priyai dan abangan menyatu menjadi santri. Karena faktanya beberapa gerakan politik praktis memiliki gerakan keagamaan sendiri-sendiri, seperti misalnya PDIP memiliki gerakan keagamaan yaitu baitul muslimin indonesia, begitu juga pada beberapa gerakan politik praktis lainnya.

TEORI CHRISTALLER

Teori ini menjelakan bahwa dalam sebuah tata wilayah diperlukan adanya tempat pusat dimana tempat ini menyediakan barang dan jasa bagi daerah itu sendiri dan bagi daerah orang lain di sekitarnya. Artinya bahwa tempat pusat menyediakan semua kebutuhan bagi tempat lainnya dan konsumen cenderung untuk memilik tempat terdekat untuk mendapatkan barang atau jasa. Pada kenyataannya sekarang dengan majunya teknologi informasi pemenuhan kebutuhan baik barang ataupun jasa tidak bergantung pada waktu dan jarak karena beberapa konsumen memilih untuk mendapatkan barang dan jasa di tempat yang justru lebih jauh, walaupun sebenarnya tempat terdekatnya sudah bisa memenuhi, hal ini dikarenakan konsumen terpengaruh oleh daya tarik dari barang atau jasa tersebut bukan pada jarak dan waktu pemenuhan.

Teori Evolusi

teori ini dicetuskan oleh darwin dalam bukunya The Origin of Species, teori ini mengatakan bahwa semua mahkluk hidup berasal dari satu keturunan yang sama dan seiring berjalannya waktu akan berkembang menjadi beberapa makhluk melalui serangakaian evolusi

untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Teori ini juga mengatakan bahwa alam semesta terjadi secara kebetulan, teori ini sangat dipercayai oleh orang-orang atheis karena dalam teori ini sama sekali tidak mendudukan tuhan dalam pencptaan alam semesta. Sebenarnya banyak dari penganut teori ini masih belum bisa menjelaskan beberapa teorinya secara empiris, beberapa teori tentang evolusi masih sangat membingungkan diantaranya missing link, mereka berkeyakinan bahwa seiring berkembangnya ilmu pengetahuan hal ini bisa dijelaskan, namun pada kenyataannya perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat malah membantah thesis tentang teori evolusi, karena beberpa pembuktian dalam dunia sciense bahwa mahkluk hidup berasal dari ketrurunan yang berbeda dan dapat dibedakan seperti manusia bukan berasal dari keturunan simpangse.

Itulah beberapa teori yang kurang relevan bagi dunia modern namun pilihan tetap ditanganmu. Kamu pastinya memiliki pendapat sendiri tentang beberapa teori yang telah dijabarkan tadi. Banyak teori yang muncul namun tidak semua teori tersebut benar. Sebuah teori hanyalah pandangan serta pemikiran manusia tentang hal yang ia pahami.

Yuk Di Share!