Pengaruh dan dampak dari social media bagi anak-anak

Rislah.com – Pernahkah kalian membayangkan, apa yang akan terjadi pada remaja dan anak-anak masa kini di masa depan, pada zaman sekarang kita disuguhi dengan berbagai macam alat atau teknologi yang mempermudah kita dalam bekerja atau beraktifitas. Silahkan baca article ini beberapa Bukti Bahwa Kemajuan Teknologi Tak Selalu Baik Untuk Manusia.

teknologi sekarang

teknologi sekarang

Pengaruh dan dampak dari social media

Sewaktu kita menggunakan media social dan handphone ,otak kita akan memproduksi dopamin (cairan yang sama , yang muncul ketika kita merokok , minum alkohol dan berjudi). Ketika kita menerima pesan ,comment atau like dari social media kita akan merasa lebih enak/asik dan apabila sedang kesepian biasanya kita akan mengirim pesan pada beberapa orang teman dengan kata yang sama(broadcast) seperti bilang ‘hai’ kesemua nya berkali-kali , karena akan terasa enak/asik apabila mendapat respon .

Kita tidak memiliki larangan untuk menggunakan media social dan handphone, ya..itulah yang terjadi, generasi sekarang dapat mengakses hal apapun di media social.
Ketika orang tua membiarkan anak-anak mereka bermain handphone, anak-anak akan lebih susah untuk di bentuk character nya dan ketika mulai dewasa banyak anak yang tidak tau bagaimana membentuk suatu hubungan pertemanan dengan kawan sebaya nya , Mereka(anak-anak) tidak mengetahui arti dari sebuah hubungan pertemanan atau bersosialiasi, karna tidak pernah dilatih untuk itu , dan lebih buruk nya lagi apabila mereka mengalami suatu tekanan atau masalah, mereka tidak akan pernah bercerita ke orang terdekatnya(orangtua), mereka akan memposting segalanya di media social.

anak - anak kecanduan main game

anak – anak kecanduan main game

Peran orangtua

Ada beberapa kajian ilmiah yang mengatakan bahwa seseorang yang sering menggunakan social media akan rentan mengalami depresi dari pada orang yang jarang menggunakan social media, sebenarnya tidak ada yang salah dalam menggunakan social media ,kita harus memperhatikan anak-anak kita menggunakan social media , karna hal itu akan berpengaruh kepada kepribadian mereka kelak .

orangtua mengawasi anak menggunakan handphone

orangtua mengawasi anak menggunakan handphone

Yuk Di Share!

    Yeni Haryani