Jangan Mengeluh, 6 hal Ini Akan Membuatmu Selalu Bersyukur Atas Apa Yang Kamu Miliki Sekarang

Yuk Di Share!

Rislah.com – Manusia terkadang selalu merasa kekurangan akan kehidupan yang telah dimilikinya. Manusia terkadang selalu mencari apa yang belum dimiliki nya dan merasa kasihan dengan diri sendiri saat melihat kebahagiaan orang lain. Sering kali seseorang berandai-andai dan belum merasa cukup dengan apa yang ada pada dirinya sendiri. Sebenarnya sesuatu yangtt telah kita miliki sudah sangat besar dan kita masih sangat beruntung dibandingkan orang lain. Sering kali kita hanya mengeluh dan mengeluh kepada Tuhan tentang kehidupan kita. Tidak kah pernah kita berfikir bahwa kita telah diberikan banyak hal yang membuat kita sangat bahagia namun kenapa kita selalu merasa kurang karena apa yang kita miliki sekarang?, Bahkan satu hembusan nafas yang kita hirup adalah berkah dari Nya, namun terkadang kita lupa bahwa kita sudah sangat beruntung di bandingkan yang lain. Dan setiap kekurangan yang ada pada kita pasti ada kelebihan di balik itu semua.

Masih banyak orang diluar sana yang kekurangan makanan, sedangkan kita dapat makan apa saja namun terkadang lauk tahu dan tempe sudah mengeluh

selalu besryukur

Masih banyak orang diluar sana yang kekurangan makanan. Masih banyak mereka yang bahkan hanya makan nasi dan garam supaya mereka memiliki energi untuk terus bekerja. Mungkin jika diri kita memikirkan besok mau makan sayur apa sedangkan mereka besok bisa makan atau tidak masih tanda tanya. Pernahkah kita membandingkan kehidupan kita dengan mereka. Pastinya dengan mengetahui hal tersebut membuat kita selalu merasa bersyukur dan merasa bahwa kita masih jauh lebih beruntung dari pada saudara-saudara kita yang kekurangan.

Pernahkah kita mengeluh tentang sikap orang tua kita yang belum bisa memberikan semua yang kita mau dan selalu berkerja meninggalkan kita

bersyukur pada allah

Pastinya seorang anak ingin orang tuanya selalu ada dan ingin apa yang mereka mau selalu dapat terpenuhi. Namun apakah kita ingat bahwa kita masih jauh lebih beruntung dibandingkan adik-adik kita yang ada di jalanan atau di panti asuhan. Bahkan untuk merasakan perhatian orang tua, orang tua mereka pun tidak tahu siapa. Ada yang ditelantarkan atau ditinggalkan begitu saja serta ada anak jalanan yang harus bekerja keras sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dibandingkan mereka kita masih jauh lebih bahagia, kita masih memiliki orang tua yang peduli dan menyayangi kita sedangkan mereka harus berjuang hidup sendiri. Dan ketika kita mengeluh karena sering ditinggalkan untuk bekerja ingatlah bahwa mereka meninggalkan kita untuk kebaikan kita untuk membuat kita hidup lebih sejahtera. Mereka bukan senang-senang namun mereka bekerja keras siang dan malam untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup kita.

Ketika kita mengeluh lelah dengan tugas sekolah dan seakan ingin membolos ingatkah kita banyak anak yang ingin bersekolah namun mereka tidak sanggup membayarnya

bersyukur dengan yang kita punya

Seringkali tugas serta kejenuhan melanda ketika sekolah dan ingin membolos saja namun ingatkah kita bahwa kita seharusnya bersyukur dapat menuntut ilmu disekolah bersama teman-teman, karena masih banyak anak yang ingin sekolah namun mereka tidak mampu untuk membayar uang sekolah yang mahal. Masih banyak anak yang ingin bersekolah namun mereka disibukan dengan mengurus adik-adik nya serta bekerja untuk makan sehari-hari. Mereka diharuskan membiayai kehidupan mereka sendirian bila mereka ingin bersekolah mereka harus bekerja.

Pernahkah kita mengeluh merasa kurang percaya diri dengan fisik yang kita miliki

beryukur akan nikmat allah

Pastinya banyak orang pernah merasa bahwa dirinya kurang tinggi, kurang manis, kurang apalah dan seterusnya. Namun pernahkah kita melihat banyak anak yang terlahir dengan fisik yang kurang sempurna dan tidak seperti kita yang memiliki fungsi tubuh yang lengkap. Namun dibalik kekurangan fisik mereka tetap semangat meraih cita-cita dan selalu bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Sedangakan kita selalu merasa kurang dan belum puas akan apa yang dimiliki. Pastinya berat untuk mereka menghadapi itu semua namun mereka tetap gigih dan ikhlas dengan keadaan mereka. Sungguh hebat semangat mereka.

Pernahkah kita mengeluh akan kehidupan kita dan pekerjaan kita yang melelahkan

bekerja dan bersyukur

Pekerjaan yang menumpuk dan sangat banyak pasti membuat kita merasa lelah dan seringkali mengeluh namun ingatkah bahwa kita masih sangat jauh lebih beruntung. Masih banyak orang yang bekerja dengan berajalan puluhan kilometer untuk menghasilkan beberapa uang yang mungkin cukup hanya untuk kehidupan hari ini saja. Kita tahu bahwa mengeluh itu tidak akan mengurangi beban kita malah memperberat beban kita namun kenapa hari-hari kita seringkali diisi dengan keluhan saya juga bingung dengan hal tersebut.

Pernahkah kita merasa bahwa kita itu kita kurang segalanya

jangan iri

Mungkin melihat keluarga orang lain bahagia atau melihat keberhasilan orang lain kita merasa iri karena nya dan menganggap bahwa mereka jauh lebih beruntung dari pada kita. Padahal mereka memperoleh semua itu juga dengan kerja keras sepatutnya keberhasilan orang lain menjadi contoh dan pembelajaran untuk kita supaya terus memperbaiki diri. Jika kita sibuk dengan keluhan kapan waktu kita untuk memperbaiki diri. Layaknya orang berjalan jangan selalu melihat atas namun juga berusahalah melihat kebawah. Melihat kebawah untuk menambah rasa syukur kita dan melihat ke atas untuk menambah atau meningkatkan kualitas diri kita. Semoga kita menjadi pribadi yang senantiasa bersyukur.

Yuk Di Share!