free hit counter code

7 Kunci Kebahagiaan Menurut Ali Bin Abi Thalib, Banyak Orang Islam Sulit Mengamalkannya

Kunci kebahagiaan – Siapa sih yang gak ingin bahagia? Semua orang pasti mendambakan kebahagiaan selalu hadir menghiasi dirinya. Namun yang namanya hidup, pasti ada saja aral merintang yang akan membuat hidup kita susah. Wajar jika orang hidup mengalami kesusahan, itu tandanya Allah sedang menguji tingkat kesabaran Kita untuk menghadapainya.

Ngomong-ngomong tentang kebahagiaan, sebetulnya ada sahabat nabi yakni Sayidina Ali bin Abi Thalib yang sudah memberikan 7 kunci kebahagiaan hidup dunia akhirat. Jika kamu lakukan, maka Insya Allah hidupmu akan dipermudah dan jalan kebahagiaan akan terbuka lebar sepanjang hidupmu. berikut 7 kunci kebahagiaan menurut Ali Bin Abi Thalib.

1. Masalah seberat apapun yang menimpamu, janganlan bersedih

Kunci kebahagiaan
Yang namanya hidup pasti akan ada suka dan duka, bahagia dan sedih. yang membedakan dalah bagaimana kita menyikapinya. Saat kesusahan tengah melanda sebaiknya control emosimu dan jangan biarkan kesedihan mendalam menghinggapimu. Bijak dan tetap tegar menghadapinya serta serahkan semua sama Allah dan tetap yakin bahwa apa yang tengah Kita alami pasti akan ada gantinya yang lebih baik. dan yang pasti kamu akan mendapatkan pengalaman berharga yang tidak bisa dibeli dengan uang. pengalaman tersebut bisa Kamu jadikan modal untuk kehidupan kamu selanjutnya.

2. Jangan pernah untuk membenci orang lain, sekalipun ia jahat padamu


Mungkin tak banyak orang yang bisa menerapkan hal ini. Tapi ada hal yang harus kamu tahu, bahwa membenci seseorang tak akan membuat hidupmu bahagia, dengan rasa bencimu justru akan menimbulkan sifat iri dengki. Selama hidupmu penuh dengan kebencian, jangan harap hidupmu akan bahagia. Santai saja, rileks dan lapangkan dada. kebahaagiaan itu pilihan dan dengki akan menjadi beban.

3. Perbanyak berdoa untuk saudara mukmin

Pebanyak berdoa agar sukses berhasil
Doa merupakan pangkal berserah diri kita sama Allah. Jika usaha yang Kita lakukan tak kunjung berhasil maka Doa adalah usaha penutup atas semua usaha yang telah Kita jalani. Kunci kebahagiaan yang diajarkan oleh Sayidina Ali Bin Abi Thalib adalah dengan sering mendoakan suadara mukmin Kita. Sebab Doa yang kita panjatkan untuk orang lain biasanya akan berbalik pada orang yang mendoakan. Jika Kita mendoakan saudara kita yang baik-baik, maka Allah juga akan memberikan kebaikan pada Kita.

4. Hiduplah Sederhana meskipun kamu punya segalanya

orang kaya hidup sederhana
Ini menjadi sebuah ironi, ketika diberikan materi yang berlimpah, Namun kita juga dianjurkan untuk tetap hidup dalam kesederhanaan. Sebab Dengan sikap yang sederhana ini bisa memberikan pelajaran bahwa nikmat dan indahnya mensyukuri apa yang telah Allah berikan sama kita.

5. Tetap tersenyum meskipun hati sedang menangis

muslimah murung
Memang terasa berat, bahkan jarang ada yang bisa melakukannya. Akan tetapi jika kamu berhasil melakukannya . Maka dimata Allah hidupmu Akan menjadi mulia. dalam islam senyuman adalah sebuah sedekah yang sangat mudah dilakukan, dan Allah akan mempermudah hidup orang yang senang bersedakah. Jadi, mulai sekarang jangan menangis terus ya? Boleh menangis untuk membuang semua unek-unek tapi jangan berlebihan apalagi sampai 7 hari 7 malam. So, menangis gak akan menyelesaikan masalah, tebarkan senyuman membuat semua orang nyaman.

6. Tetap Berbuat Baik meski musibah datang

hadits memberikan manfaat untuk orang lain
Kunci kebahagiaan yang ini juga gak akan bisa diterima tiap orang. Akan tetapi tak ada salahnya jika kamu berusaha untuk melakukannya. Jika kamu berhasil dengan sikap seperti ini, Insya Allah Kita akan dengan mudah dan bijak dalam menghadapi setiap cobaan. Sebab Kunci kebahagiaan dunia akhirat yang paling utama adalah keikhlasan kita dalam menghadapi setiap ujian. Bila kamu bisa tetap berbuat baik walaupun cobaan datang mendera. maka kebahagiaan akan Allah balas dengan berbagai cara, entah itu di dunia atau di akhirat.

7. Tak henti memberi meskipun hidup teramat susah

kunci kebahagiaan
Kunci kebahagiaan yang terakhir menurut Sayidina Ali Bin Abi Thalib adalah dengan tetap memberikan manfaat terhadap orang lain, meskipun keadaan kita sedang susah. Tentunya hal ini akan mengajarkan kita tentang pentingnya keikhlasan memberi. Dan Yang harus kamu tahu, bahwa Allah akan memberikan 10 kali lipat dari apa yang telah kamu berikan terhadap orang lain.

Tak perlu khawatir akan pertolongan Allah, lakukanlah terus kebaikan. memang terasa berat, tapi kalau tidak dicoba bagaimana Kita bisa merasakan kebahagiaan. semakin banyak memberi maka pintu rejeki akan terbuka lebar. yakin deh.

Intinya kunci kebahagiaan menurut Ali Bin Abi Thalib adalah keikhlasan. dengan begitu pikiran kita tidak akan terbebani dengan semua permasalahan hidup yang ada. Serahkan semua sama Allah, Niscaya hidupmu akan diliputi kebahagiaan dan kemudahan dalam menjalaninya.

Yuk Di Share!