free hit counter code

Pacaran Islami Yang Dibolehkan Menurut Islam Itu Gimana Ya? Ini Penjelasannya

pacaran islami dalam islamPacaran islami ? memang saat ini pacaran sudah menjadi hal yang lumrah dimata masyarakat Indonesia. Sebab banyak beranggapan bahwa pacaran merupakan salah satu proses untuk pengenalan diri terhadap pasangan Kita nanti. Bahkan ada yang beranggapan bahwa kalau tidak pacaran berarti kolot, tidak laku yang lebih sadis jomblo akut.

yang lebih mirisnya lagi nih, banyak anak sekolah bahkan anak SD yang sudah pacaran. alasannya pun klasik dimulai agar bersemangat sekolah, agar hidup lebih berwarna dan masih banyak lagi yang mungkin agak aneh kalau kita dengar.

Pacaran Menurut Islam Boleh Atau Tidak?

Sebenarnya nabi Muhammad SAW sangat melarang yang namaya pacaran, sebab tak ada manfaat yang bisa diambil, malah akan semakin menjauhkan diri dari Allah SWT. Bukan itu saja alasannya, yang namanya pria dan wanita sudah diberikan naluri hawa nafsu dengan lawan jenis. Seperti Kita mencintai seseorang juga sudah naluri. Namun jangan sampai naluri ini sampai tidak terkendali. jika lelaki dan wanita berdua-duan maka tidak heran jika akan ada bisikan setan yang akan menjerumuskan ke lubang kemaksiatan. Kalau ada yang bilang “kita gak ngapa2in kok kalau berduaan” jelas menurut mimin bohong banget. Ingat, naluri yang sudah disebutkan tadi. hehe

Baca juga: Amalan Doa Agar Cepat Mendapatkan Jodoh Yang Diinginkan, Insya Allah Mustajab

Jika hal yang tidak di inginkan terjadi, siapa yang harus disalahkan. Syukur-syukur jika lelakinya mau menikahi wanita. nah jika tidak? justru wanita yang sangat dirugikan dalam hal pacaran ini.

Adapun firman Allah SWT yang melarang pacaran cukup banyak berikut salah satunya:

“Dan janganlah kalian mendekati perbuatan zina, sesungguhnya itu adalah perbuatan nista dan sejelek-jelek jalan.” Al-Isra`: 32

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” An-Nur ayat 30:

masih banyak ayat Al-Qur’an yang melarang kita pacaran, ayat diatas saja sudah cukup mewakilinya.

Lalu bagaimana dengan pacaran jarak jauh atau LDR?

Mendengar namanya pacaran jarak jauh yang berarti sepasang kekasih tidak saling memandang apalagi bersentuhan. hemmm.. Kamu jangan beranggapan kalau pacaran jarak jauh itu diperbolehkan islam. Sebab sederhananya gini, pacaran jarak deket atau LDR sama saja dosa. Sebab dapat memunculkan sesuatu yang berhubungan dengan nafsu berlebihan contohnya manja, cemburu, marah, kesal, dsb. oleh karena itu pula tak ada yang mampu menjamin apakah kita dapat menjaga semua aurat kita dalam sebuah pacaran dan LDR termasuk suara di telepon, suara manja, tertawa dan sebagainya. Sehingga memunculkan bayangan dan imajinasi syahwat satu sama lain. Hal ini sudah disinggung oleh Rosulullah dalam sabdanya.

“Mata itu berzina, hati juga berzina. Zina mata dengan melihat (yang diharamkan), zina hati dengan membayangkan (pemicu syahwat yang terlarang). Sementara kemaluan membenarkan atau mendustakan semua itu.” (HR. Ahmad 8578)

Jadi pacaran yang dibolehkan menurut islam itu yang bagaimana?
Islam sebenarnya tidak melarang pacaran kok, serius. bahkan islam sangat menganjurkan pria dan wanita yang saling mencintai berpacaran. Eits… tapi… Pacaran setelah menikah, bukan sebelum menikah.

Bagaimana bisa menikah, jika kita tidak mengenali calon pendamping kita?

Untuk yang masalah ini sudah jelas, islam punya caranya. Kita bisa mengenali calon yang akan Kita nikahi dengan cara bertaaruf, dan taaruf ini juga ada adabnya. Insya Allah akan kita bahas lain kali.

Semoga artikel ini bisa membantu anda muda mudi yang ingin berniat pacaran. Mulai sekarang sebaiknya pikirkan dulu, sebelum dosa bertumpuk dan sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Salam

Yuk Di Share!