free hit counter code

Mentraktir Teman Itu Sunnah dan Sangat Dianjurkan Dalam Islam

pahala mentraktir teman

photo by https://yuyunsumarni.wordpress.com/

Traktir, merupakan sebuah kata yang mungkin sering Kamu dengar dari seorang teman dan kerabat terdekat mu. Dalam islam ternyata mentraktir teman adalah sebuah ibadah yang bisa mendatangkan pahala. Islam sangat menganjurkan traktir teman dan membagikan makanan ke orang lain.

Bahkan Nabi Muhammad SAW saja sampai bersabda mengenai hal yang satu ini. Menurut hadits yang diriwayatkan didalam Ash-Shahihain dan selainnya, dari Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhu, bahwasannya seseorang bertanya pada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Apakah amalan yang paling baik didalam Islam?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal” (HR. Muslim)

Dan Rasulullah pernah bersabda, “Wahai sekalian manusia, tebarkanlah salam di antara kalian, berilah makan, sambunglah tali silaturahmi dan shalatlah ketika manusia tidur malam, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (Shohih. Riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad)

Nah jadi berdasarkan hadits tersebut, mentraktir teman atau orang lain bisa mendapatkan pahala yang besar, dan seharusnya kamu juga perlu bersyukur. Jika kamu bisa menraktir orang berarti Allah sudah memberikan rejeki lebih. maka tidak ada salahnya untuk berbagi dengan orang lain apalagi sama anak yatim.

Tapi ingat, Allah Akanmemberikan balasan tergantung kadar niat, jangan pernah merasa terpaksa atau merasa rugi. Allah tidak memandang siapa yang kita traktir, apa dia miskin atau kaya, keluarga atau bukan, teman atau bukan teman. Jika semua Kamu lakukan secara ikhlas tanpa unsur Riya. maka pahala traktir bisa kamu dapatkan. Yang penting traktiranya itu berupa makanan dan minuman halal .

Mulai sekarang jangan sungkan untuk traktir teman karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya bisa saling berbagi, menyambung serta merekatkan tali silaturahim. Di SHARE yuk ke teman-temanmu

Yuk Di Share!