Masih Susah Dalam Belajar? Tips Ini Akan Membuat Pelajaran Lebih Mudah Dan Menyenangkan

Yuk Di Share!

Rislah.com – Belajar memang sebuah kewajiban bagi semua orang khususnya seorang pelajar. Belajar terkadang menyulitkan dan membuat kita malas. Belajar terkadang membosankan dan membuat kita memilih untuk sistem kebut semalam, namun ada beberapa hal yang membuat belajar menjadi mudah dan menyenangkan. Kamu tidak perlu bersusah payah, kamu bisa melakukannya dengan santai dan menyenangkan. Materi yang kamu pelajari akan mudah kamu hafal dan pahami. Sehingga tidak perlu terlalu tegang dengan ujian atau ulangan mendadak karena kamu memiliki tips berikut ini.

Sering membaca ulang materi yang pernah dipelajari

Setelah pelajaran berakhir, sesampainya dirumah kamu dapat mengulanginya lagi, mungkin hanya 15 menit untuk meningkatkan ketajaman otak mu dalam mengingat. Meskipun hanya 15 menit tapi itu akan sangat membantu mu ketika ujian telah tiba. Seringkali saat ujian mendadak serta bersamaan dengan banyak pelajaran pastinya akan membuat otak pusing dan kelabakan. Belajar mendadak juga mengakibatkan mu ngebelenk, atau lupa semua yang telah kamu pelajari karena diliputi rasa panik serta tergesa-gesa. Dengan belajar sedikit- setelah kamu membaca nya maka, hal tersebut pastinya tidak akan terjadi. Dengan membaca nya kamu akan lebih mudah dalam mengingat dan terhindar dari dampak ngebelenk. Meskipun sebentar namun jika dilakukan terus menerus pasti akan ada hasilnya.

Meringkas materi menjadi lebih singkat dan mudah

Mencatat kembali pelajaran yang telah dipelajari dengan meringkasnya akan lebih mudah diingat dari pada hanya menandainya. Meringkas kembali menjadikan setiap kata yang ada semakin melekat di otak kita. Meringkas memiliki manfaat ganda yakni membaca sekaligus memahami makna nya sehingga menghafal semakin mudah dilakukan. Meringkas juga melatih kita untuk kreatif menulis serta memahami materi dengan baik. Meringkas diwaktu senggag juga akan lebih baik ketimbbang belajar dengan sistem kebut semalam. Selain memanfaatkan waktu luang meringkas juga menjadi suatu pekerjaan menulis yang asik dilakukan.

Tulis materi dengan bahasamu sendiri serta pahamilah

Menulis ulang materi yang telah dipelajari dengan bahasa mu sendiri akan melatih dan memudahkan mu dalam mengingat. Serta pahamilah itu. Memahami akan leih lama menempel di otak dari pada sekedar membaca dan menghafal. Kebanyakan kesalahan dalam menghafal adalah hanya menghafal dan membaca serta tidak mengerti serta memahami apa maksud materi tersebut. Jika kamu menngerti dan memahami maka, kamu tidak akan terlalu sulit dan materi yang kamu hafalkan akan selalu menempel di otak. Kamu tidak perrlu tidur malam-malam karena sistem belajar kebut semalam yang terkadan tidak membuahkan hasil yang maksimal. Dengan cara ini pastinya kamu tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan nilai yang baik, cukup selalu berlatih setiap harinya dan jangan terlalu memaksakan.

Ingatlah setiap kata yang kamu pelajari dan buatlah sebuah perumpamaan yang tidak asing atau gambar yang menarik

Cara mudah dalam menghafal dan belajar agar tidak lupa adalah dengan mengingat setiap kata atau awalan kata dengan membuat perbandingan, misalnya kata materi dapat kamu ibaratkan makan ikan teri seperti itu.hal tersebut juga dapat kamu lakukan dengan cara mengingat dengan gambar. Otak akan mudah mengingat dalam bentuk gambar. Serta dalam bentuk gambar memori yang tersimpan akan berada di otak kanan sehingga tidak mudah lupa. Mengingat dengan gambar membuat mu tidak mudah lupa karena sifat dari memori otak kanan. Dengan memanfaatkan kelebihan dari otak kanan membuat mu mudah dalam menghafal serta memahami materi yang ada.

Kata yang dipelajari dibuat lagu yang menarik

Kamu juga dapat melakaukan nya dengan cara membuat lagu. Iramakan setiap kata yang kamu hafalkan. Dengan cara membuatnya berirama maka akan membuat mu mudah ingat serta tidak mudah lupa karena tersimpan di otak kanan. Dengan membuat materi menjadi lagu kamu dapat menyanyikannya setiap senggang dan menghafal menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Membaca dengan keras serta membaca materi dengan teliti

Membaca dengan keras juga membuat mu mudah dalam menghafal. Membaca dengan keras membuat telinga mendengar suara kitta sehingga setiap kata yang diucapkan akan lebih menempel di otak. Disamping membaca keras kita juga menyempurnakannya dengan membaca dengan teliti, mata kita layaknya kamera yang dapat menyimpan bermacam gambar yang ada sehingga ketika kita membaca dengan teliti, layaknya kamera kita seperti memotret semua materi yang kita pelajari sehingga akan membuat kita lebih hafal.

Dibawa santai dan jangan dianggap beban

Inilah hal yang sangat penting untuk diperhatikan selain metode di atas. Yakni keadaan perasaan saat belajar bawalah nyantai dan jangan dibuat beban. Berfikirlah hal positif jangan dianggap belajar adalah sebuah beban yang sangat berat dalam hidup mu. Buatlah cara belajar yang kamu mau jangan terlalu memaksa, kamu bisa mencoba dengan sambil bermain, nyamil, atau mungkin membaca cerpen untuk mengembalikan fikiran mu supaya tidak terlalu penat dan bosan.

Yakinlah kamu bisa!

Yakinlah bahwa kamu bisa. Otak kita akan semakin mudah bekerja jika kita memberikan rangsangan atau kepercayaan bahwa kita bisa. Dengan demikian Otak akan memberi tahu semua organ kita untuk segera bekerja sehingga proses belajarpun menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Yuk Di Share!