Beberapa Bukti Bahwa Kemajuan Teknologi Tak Selalu Baik Untuk Manusia - Rislah.com

Beberapa Bukti Bahwa Kemajuan Teknologi Tak Selalu Baik Untuk Manusia

Yuk Di Share!

Ternyata kemajuan teknologi untuk memajukan peradadaban manusia tak selalu membawa kebaikan bagi manusia guys, karena adanya rasa ingin tahu manusia yang ingin terus berkembang serta memajukan teknologi tanpa rasa tanggung jawab akan membuatnya menghancurkan segalanya termasuk diri sendiri. Rasa ketidakpuasan memanfaatkan segala potensi yang ada terkadang membuat manusia tak terkendali serta malah merusak dan terus merusak.

Manusia terkadang ingin melebihi batas kemampuannya dengan menciptakan segala hal bahkan sesuatu yang melanggar hukum alam untuk membuktikan kesombongannya bahwa manusia dapat menciptakan segalanya. Bahwa ambisi tersebut malah menghancurkan diri manusia sendiri yang hidup sebagai manusia. Kemajuan teknologi tak selalu membawa keuntungan dan kemudahan bagi manusia, bahkan kemanajuan teknologi dapat menjadi alat untuk mengubah karakter manusia. Perkembangan teknologi juga dapat merusak alam karena kurangnya rasa tanggung jawab manusia. Beberapa hal ini menjadi bukti bahwa kemajuan teknologi tak selalu baik bagi manusia.

Radiasi nuklir di Ukraina

kota mati di Ukraina via 4.bp.blogspot.com

Ledakan reaktor nuklir di Ukraina yang menyebabkan radiasi nuklir serta 50 orang meninggal dan sisanya mengidap kanker ganas serta anak-anak terlahir cacat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia(WHO) 9000 orang menjadi korban radiasi, Ledakan tersebut menjadi ledakan nuklir terdasyat hingga saat ini. Ledakan tersebut terjadi di Chernobyl tepatnya di Oblas kieve dekat dengan perbatasan Belarusia. Hingga kini kota tersebut belum dapat ditingali karena radiasi nuklir dinyatakan masih berbahaya sehingga kota tersebut begitu saja ditinggalkan sehingga menjadi kota mati.

Perang menggunakan senjata nuklir yang dapat menghancurkan dunia

senjata nuklir via liputansatu.com

Bukan rahasia bahwa peperangan menggunakan senjata nuklir adalah peperangan yang paling berbahaya dan dapat menghancurkan seluruh dunia. Dampak dari ledakan dari bom nuklir mampu membuat sebuah kota mati dan lenyap. Bukan hanya itu dampak dari radiasi nuklir mampu menyebar di permuakana udara dan dapat menjangkau puluhan KM dari tempat terjadinya ledakan. Dampak yang ditimbulkan juga sangat mematikan membuat manusia mengalami mutasi genetik yang menyebabkan manusia mudah terserang kanker ganas dan berbagai penyakit lainnya, selain itu radiasi nuklir juga mampu diserap tanaman dan hewan yang membuat bumi tercemar dan anak-anak terlahir cacat.

Sungai tercemar Rio Tinto Spanyol

sungai Rio Tinto via 3.bp.blogspot.com

Sungai Rio Tinto merupakan sungai yang banyak mengandung logam berat namun karena penambangan yang melampaui batas sungai ini menjadi tercemar dan berwarna merah. Sungai ini sangat beracun dan asam yang berbahaya bagi mahluk hidup.

Polusi udara tinggi di cina

polusi udara di Cina via hidayatullah.com

Cina diketahui merupakan negara yang memiliki perkembangan ekonomi sangat cepat bahkan banyak yang memprediksi bahwa cina akan menjadi negara terkuat se-Asia dalam sektor ekonomi. Namun perkembangan ekonomi yang pesat tersebut juga memiliki efek yang buruk bagi negaranya sendiri. Diketahui Cina menjadi negara dengan tingkat polusi sangat tinggi, akibat banyaknya pabrik-pabrik serta aktivitas perkantoran, makanan, rumahtangga, serta transportasi.

Benarkah kemajuan media sosial mendekatkan yang jauh atau sebaliknya

dampak buruk media sosial via 2.bp.blogspot.com

Benarkah media sosial malah mendekatkan yang jauh atau malah sebaliknya. Orang seringkali kecanduan dalam bermain di media sosial sehingga acuh terhadap lingkungan sekitar. Sering kali kita lihat orang yang memiliki teman banyak dimedia sosial namun ia penyendiri di kehidupan nyata. Jarang berinteraksi secara nyata dengan orang lain namun hanya berinteraksi lewat media sosial misalnya bertemu dijalanpun mereka mungkin saja sudah tidak saling mengenal. Hal demikian tentunya membuat manusia semakin acuh terhadap lingkungan nyata mereka.

Hewan, laut, sungai, dan tanah yang tercemar sampah

hewan yang terjerat sampah plastik via 3.bp.blogspot.com

Akibat perkembangan industri yang pesat dan tidak diiringi tanggung jawab yang besar mengakibatkan banyak perusahaan melupakan faktor lingkungan dalam menjalankan industri mereka. Banyak perusahaan membuang limbah ke sungai tanpa dinetralisasi terlebih dahulu banyak juga asap dari industri yang tidak disaring membuat udara semakin tercemar. Banyak juga masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan seperti di sungai dan laut. Bahkan beberapa kali ada kasus hewan laut mati karena menelan plastik cukup banyak dilaut, plastik tersebut tidak mampu dicerna di dalam perutnya dan mengakibatkan ia mati.

Makanan dan minuman beracun beredar di pasaran

makanan yang mengandung racun akibat pengawetan via www.anneahira.com

Perkembangan teknologi tanpa tanggung jawab juga menyebabkan banyanya makana serta minuman beracun beredar dipasaran. Masyarakat hanya mementingkan keuntungan tanpa peduli kesehatan konsumen. Seperti buah dan sayur di semprot menggunakan pestisida yang terllau tinggi atau demi membuat keuntungan lebih banyak buah sengaja dimatangkan lebih cepat menggunakan obat yang disuntikan dalam tanaman. Banyak pula makanan yang diawetkan mengunakan bahan yang berbahaya.

Ozon yang semakin menipis di bumi

ozon yang menipis mengakibatkan es kutub semakin mencair via 4.bp.blogspot.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa kini bumi semakin panas akibat dari ozon yang semakin menipis. Ozon menipis diakibatkan banyaknya penggunaan CFC dan Feon sepertipada kulkas dan AC, penggunaan produk berbentuk Spray. Panasnya bumi juga disebabkan banyaknya poluis karbondiokasida diudara yang mana mengakibatkan panas matahari yang terserap sulit dipantulkan lagi ke angkasa sehingga membuat bumi terasa panas. Kemajuan teknologi dapat membawa dampak positif bagi manusia naun karena kurangnya tanggung jawab manusia itu sendiri serta rasa tidak pernah puasnya untuk terus mengeploitasi alam menyebabkan kehancuran bagi dirinya sendiri. Kemajuan teknologi akan membawa dampak positif tergantung individu dan penggunaaannya.

Yuk Di Share!

Share ke teman - teman yaaa...

Lafrenda Tialoka