Biar Akhir Bulan Gak Ngenes, Gunakan Tips Ini Untuk Mengatur Keuanganmu - Rislah.com

Biar Akhir Bulan Gak Ngenes, Gunakan Tips Ini Untuk Mengatur Keuanganmu

Yuk Di Share!

Hay guys, pastinya untuk anak rantau atau yang biasa dikasih uang jajan bulanan pastinya sering ngenes saat tanggal-tanggal tua. Terkadang untuk menyambung hidup hanya makan mie instan diakhir bulan. Bahkan terkadang belum sampai tanggal tua, masih pertengahan uang terasa begitu cepat habis. Para pahlawan hilang begitu saja dalam dompet kita. Seringkali ketika mendapatkan uang saku kita lupa untuk menghematnya. Seringkali saat tanggal muda datang kita memakai uang tersebut tanpa kendali yang menyebabkan seretnya di akhir bulan. Untuk itu beberapa tips ini akan membantumu biar ak ngenes-ngenes banget diakhir bulan. Dengan tips ini keuanganmu akan terkendali.

Mencatat pengeluaran

mengatur keuangan via 2.bp.blogspot.com

mengatur keuangan via 2.bp.blogspot.com

Mencatat pengeluaran penting guys untuk mengendalikan sifat konsumtif kita. Mencatat pengeluaran akan membuat kita tau apa saja yang kita beli dan apa yang seharusnya tidak kita beli. Jadi kita akan tahu uang kita habisnya ke mana sehingga di waktu lain kita dapat mengeremnya. Mencatat pengeluaran juga akan mengingatkan kita bahwa uang kita sudah habis cukup banyak, sehingga tidak lagi mudah menarik uang di dompet.

Menentukan prioritas kebutuhan

memilih kebutuhan prioritas via

memilih kebutuhan prioritas via cdns.klimg.com/merdeka.com

Tips berikutnya adalah menentukan prioritas kebutuhan. Jadi ketika kita mendapatkan uang saku pilihlah apa saja yang memang sangat kamu butuhkan. Penuhilah prioritasmu dahulu, jadi belilah barang yang memang penting untuk mu. Belilah barang sesuai kebutuhan guys bukan karena keinginan sehingga kamu akan terbebas dari seret di akhir bulan.

Jangan belanja di waktu lapar

jangan berbelanja ketika lapar via 2.bp.blogspot.com

jangan berbelanja ketika lapar via 2.bp.blogspot.com

Usahakan jangan belanja ketika lapar guys. Kamu yang ingin ngirit sebaiknya belanja waktu kamu kenyang saja. Belanja di waktu lapar akan membuatmu ingin membeli semua makanan yang ada padahal kamu tidak seberapa membutuhkannya. Karena perutmu yang lapar semua makanan terlihat enak namun setelah kamu membeli semuanya dan kenyang pasti akan banyak sisa makanan yang sia-sia. Apalagi kalau makananya tidak dapat disimpan untuk besok wah rugi banget guys.

Rencanakan keuangan

mengattur keuangan via blog.ngaturduit.com

mengatur keuangan via blog.ngaturduit.com

Rencanakan keunganan disini adalah melihat kemungkinan kebutuhan yang akan datang. Misalnya kamu saaat ini memiliki uang sejumlah 1 juta nah kamu harus melihat pengeluaran yang akan datang apa saja dan sesuaikan uangmu yang sekarang dengan kebutuhanmu nanti. Kira-kira kebutuhanmu yang akan datang apa saja misal bulan depan akan ada kegiatan kampus ke luar kota nah rencanakan mulai sekarang berapa dana serta saku yang akan kamu gunakan disana.

Membagi uang menjadi 3 bagian

membagi keuangan menjadi 3 bagian via

membagi keuangan menjadi 3 bagian via cdn.klimg.com/merdeka.com

Membagi uang menjadi 3 bagian, maksudnya adalah bagilah uang sakumu menjadi 3 kebutuhan. Misalnya 1/3 untuk belanja bulanan, 1/4 untuk hidup, sisanya untuk kebutuhan kampus dan tabungan, seperti membeli buku, dan lainnya. Nah dengan membaginya dalam 3 bagian akan membuatmu terhindar dari asal ngambil uang untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting. Jadi kalau dengan hal itu kamu akan terbiasa berhati-hati dalam mengeluarkan uang terutama untuk berbelanja.

Jangan biarkan uang receh berceceran

jangan biarkan uang receh berserakan via http://manfaat.co.id

jangan biarkan uang receh berserakan via http://manfaat.co.id

Pasti sering saat kita berbelanja mendapatkan kembalian uang receh. Biasanya saat kita memiliki uang yang cukup banyak kita membiarkan begitu saja uang receh berceceran entah di meja, di lantai, dan di saku celana. Ingatlah guys seandainya tanggal tua menyerang uang recehlah yang dapat kamu gunakan untuk bertahan hidup. Meskipun nilainya kecil dan tidak seberapa namun uang receh yang kamu kumpulkan akan bertambah banyak ketika akhir bulan melanda. Kamu pasti tidak merasa bahwa uang receh itu akan sangat bernilai saat keuanganmu menipis. Jadi kumpulkan uang receh sekarang juga seperti di toples, ia kan sangat memebantumu dikemudian hari meskipun nilainya kecil.

Senantiasa hidup seperti ketika keuangan menipis

berhemat via akadusyifa.files.wordpress.com

berhemat via akadusyifa.files.wordpress.com

Senantiasa hidup sederhana seperti saat keuangan menipis, ini adalah tips yang unik namun sangat sulit. Manusia itu pasti memiliki banyak sekali keinginan yang tidak akan pernah berhenti. Terkadang ketika memiliki uang yang cukup banyak akan mengakibatkan gaya hidup yang meningkat. Misalnya sekali-kali tidak masalah guys namun jangan keseringan, karena bisa saja nantinya ada saat dimana kamu sangat memebutuhkan dan uang yang kamu miliki sudah habis semua di satu waktu. Jadi tetaplah waspada guys.

Senantiasa berhemat

berhemat via akadusyifa.files.wordpress.com

entrepeneuer via media.suara.com

Senantiasa berhemat maksudnya adalah, jika kamu tidak terlalu membutuhkan jangan membeli, jika kamu anak kos kamu dapat mencoba memasak sendiri, jika kamu biasanya naik kendaran umum ke kampus, mungkin sekali-kali bolehlah nyari tebengan atau naik sepedah. Ingat guys untuk membeli apa yang kamu butuhkan bukan sekedar yang kamu inginkan. Itulah beberpaa tips untuk mengatur keuangan, meskipun sedikit sulit namun asalkan dicoba pastinya akhir bulan gak seret lagi. Apalagi kalau kamu bisa investasi untuk bisnis kecil-kecilanmu lebih bagus guys. Bye-bye deh sama seret diakhir bulan. Semoga tips ini bermanfaat guys salam berhemat dan semoga berhasil ya.

Yuk Di Share!

Share ke teman - teman yaaa...

Lafrenda Tialoka