free hit counter code

8 Tanaman Hias yang dapat membersihkan udara. Cocok Banget buat ditanam di rumah

Tanaman hias memang cocok untuk menghiasi ruangan maupun menghias pekarangan rumah. Tanaman hias ternyata tidak hanya memiliki fungsi sebagai dekorasi namun juga dapat membersihkan polusi udara di sekitar kita. Tanpa kita sadari sebenarnya banyak sekali udara kotor yang kita hirup bahkan di dalam ruangan sekalipun.

Bahkan hal yang mengejutkan adalah polusi dalam ruangan menduduki peringkat 5 teratas factor risiko lingkungan yang memengaruhi kesehatan masyarakat. Tanpa kita sadari cat tembok, karpet, pembersih kaca, dan peralatan di dalam rumah lainnya menghasilkan zat polutan yang berbahaya bagi manusia. Tapi jangan khawatir guys ternyata 7 tanaman ini dapat memebrsihkan udara di sekiat kita dan pastinya indah serta cocok buat ditanam di rumah.

Bunga Krisan

bunga krisan via kartono.net

Krisan termasuk salah satu bunga yang sangat indah, Krisan memiliki berbagai macam bentuk dan warna bahkan di Jepang krisan merupakan bunga yang sangat dikagumi serta digunakan sebagai symbol kerajaan. Selain itu krisan juga memiliki manfaat serta khasiat seperti sebagai bahan minuman penyegar dan menambah aroma pada teh. Selain itu ternyata Krisan juga mampu membersihkan zat polutan di sekitar kita. Seperti amonia, benzene, formalin, xylene yang mungkin terdapat pada uadar diruangan kita. Krisan juga snagat bermanfaat untuk mengusir serangga pengganggu seperti kecoa maupun nyamuk. Bunga krisan ini sangat cocok sebagai dekorasi serta memebrsihkan uadar di ruanganmu.

Lidah buaya

lidah buaya via bibitbunga.com

Selain memiliki manfaat untuk rambut dan kulit ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat untuk membersihkan uadara guys. Lidah buaya ini dapat menyingkirkan zat polutan seperti formalin dan benzana. Selain itu lidah buaya ini dapat menjadi tolak ukur seberapa besar zat polutan yang ada di sekitarmu. Jika zat polutan cukup tinggi maka pada daun Lidah buaya akan muncul bintik-bintik coklat di permukaannya. Lidah buaya ini cocok kamu letakan di dalam rumah.

Lidah mertua

lidah mertua via caratanam.com

Mungkin namanya terdengar aneh namun Lidah mertua ini memiliki manfaat yang sangat penting dalam membersihkan udara. Lidah mertua atau snake plant ini adalah tanaman terbaik untuk menyerap formalin, benzana, xylene, dan trichloroethylene. Selain itu tanaman ini sangat mudah untuk dirawat, ia tidak terlalu membutuhkan air maupun perawatan khusus. Tanaman ini tahan banting bahkan di cuaca yang panas sekalipun. Tanaman ini cocok kamu letakan di sudut rumah maupun di atas meja namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Suplir

suplir via www.jenistanaman.com

Tanaman suplir ini sangat mudah ditemukan dan mudah dalam merawatnya. Suplir biasanya akan tumbuh dengan baik bila diletakan di tempat yang memiliki cukup sinar matahari. Namun bila kamu ingin menggunakan suplir sebagai dekorasi ruanganmu, sebaiknya kamu mengelurakannya sesekali dan memotong tangkainya yang kering. Tanaman unik satu ini mampu memebrsihkan udara dan nyaman bila dilihat. Daun kecil-kecil yang hiaju menambah suasana segar dalam rumah.

Lili

peace lily via proflowers.com

Lili salah satu bunga yang indah dan mampu membersihakn polutan dalam ruangan. Menurut NASA jenis lili terbaik yang dapat membersihkan udara adalah peace lily, flamingo lily, dan lilyturf. Selain itu lily ini sangat umum ditemukan di Indonesia. Selain indah ternyata lili jenis ini sangat baik dalam menyaring polutan seperti ammonia, benzana, formalin, dan tricholoroethylene. Lili ini dapat tumbuh dengan baik apabila diletakan di ruangan yang tidak terllau banyak mendapat sinar matahari. Lili ini sangat indah seperti peace lily yang berwarna putih, dan flamingo lily yang berwarna merah dengan bentuknya yang unik akan membuat ruanganmu semakin menyegarkan.

Sri rejeki

sri rejeki via 2.bp.blogspot.com

Bunga ini sangat mudah ditemukan dan mudah untuk merawatnya. Tumbuhan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar serta mudah tumbuh dikondisi lingkungan panas sekalipun. Sri rejeki ini cocook untuk menghias ruanganmu dengan daun hijaunya yang terlihat begitu menyegarkan. Selain itu tanaman ini dapat berbuah dan buah tersebut juga memiliki fungsi untuk membersihkan polutan yang jahat.

Lady palm

lady palm via images.fast-growing-trees.com

Lady palm ini memang terlihat sering diguankan sebagai tanaman penghias ruangan. Namun ternyata lady palm ini juga memiliki fungsi sebagai pembersih zat polutan dalam ruangan. Ia dapat menyerap zat polutan jahat yang ada di sekitar kita. Mungkin seringkali kita melihatnya hanya sebagai dekorasi namun ternyata memiliki manfaat lain yang lebih penting. Tumbuhan ini tidak terlalu besar dan daunnya yang selalu hijau membuat mata sejuk bila memnadangnya. Tanaman ini sangat cocok diletakan di sudut ruangan rumah dengan pot yang tidak terlalu besar.

Anggrek bulan

anggrek bulan via bibitbunga.com

Meskipun anggrek bulan lebih sulit dalam perawatnnya namun ternyata ia juga mampu membersihakn zat polutan di dalam ruangan. Anggrek bulan ini sangat indah sehingga cocok bila dijadikan sebagai penghias ruangan. Mungkin banyak yang menganggap anggrek akan tumbuh dengan baik bila mendapat sinar matahari serta air yang banyak namun kenyataannya dengan hal itu anggrek akan mudah mati. Anggrek membutuhkan tempat sejuk dan tidak mendapatkan sinar matahari langsung untuk tumbuh dengan baik.

Yuk Di Share!